Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template
Diberdayakan oleh Blogger.

Lima Tantangan Smartphone Tertipis Oppo R5

KOMPAS.com - Oppo R5 adalah smartphone tertipis di dunia dengan ketebalan kurang dari 5mm. R5 tak terwujud begitu saja, karen ada banyak hal yang mesti dipertimbangkan sebelum membuat perangkat mobile dengan dimensi setipis itu.

Selaku pabrikan, Oppo pun menghadapi serangkaian tantangan dalam merancang R5. Berikut ini daftarnya, sebagaimana dirangkum dalam keterangan tertulis yang dikutipKompasTekno, Selasa (16/12/2014).

1. Tantangan kinerja.
Oppo
Ilustrasi komponen internal Oppo R5
Dengan ketebalan 4,85mm cangkang Oppo R5 tak menyediakan banyak ruang untuk peletakan komponen.

Pun demikian, tim riset dan pengembangan pabrikan Tiongkok itu masih berhasil menanamkan prosesor octa-core Snapdragon 615 dengan teknologi pendinginan berbasis “liquid metal”.

2. Tantangan kenyamanan.
Oppo
Ilustrasi frame micro-arc pada Oppo R5
Tipis bukan berarti nyaman, maka tim desain Oppo pun mesti memutar otak agar R5 bisa tetap enak dipegang dalam genggaman.

Solusi yang kemudian muncul adalah bingkai bernama “micro-arc” yang melapis pinggiran R5. Kurva atas pada bingkai ini 1,2 mm lebih panjang dibanding kurva bawah. Hal tersebut diklaim membuat R5 lebih ergonomis di tangan.

3. Tantangan ketangguhan.
Oppo
Ilustrasi rangka Oppo R5
Dimensi tipis juga memuculkan problem lain, yakni ketahanan fisik. Agar R5 bisa tetap tangguh meski memiliki bodi ramping, Oppo menanamkan rangka melalui proses Physical Vapor Deposition (PVD) yang meningkatkan rating kekuatan rangka menjadi 400 HV.

Artinya, R5 sanggup menahan tekanan beban sebesar 25 kg yang dilakukan berulang sebanyak 1000 kali sehingga disebut tak akan membengkok layaknya “bend gate” yang belakangan banyak mengemuka.

4. Tantangan baterai.
Oppo
Ilustrasi charger Oppo R5
Oppo menanamkan baterai dengan kapasitas 2.000 mAh di dalam tubuh langsing R5. Agar tahan lama, smartphone ini memiliki mode hemat daya yang akan otomatis diaktifkan saat daya baterai turun melewati presentasi tertentu.

Baterai tersebut bisa diisi dengan cepat memakai teknologi VOOC Rapid Charge Mini yang mampu mengisi 75 persen kapasitas baterai hanya dalam waktu 30 menit.

5. Tantangan kamera.
Oppo
Ilustrasi kamera Oppo R5
Yang satu ini tentu tak kalah penting mengingat makin maraknya penggunaan smartphone sebagai sarana fotografi.

Demi menjaga kualitas tangkapan gambar, R5 menggunakan sensor 13 megapixel yang diambil dari smartphone flagship perusahan itu, Find 7, dan memasangkannya dengan lensa Schneider Kreuznach.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Lima Tantangan Smartphone Tertipis Oppo R5 di blog David Family Adventures jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template